Pesona Panorama Danau di Sumatera Barat

Sumatera Barat terkenal dengan keindahan alamnya sejak dulu. Beragam pilihan bisa menjadi salah satu itinerary liburan anda. Termasuk mengunjungi Danau-danau yang ada.
Inilah tiga obyek wisata danau di Sumatera Barat:

1. Danau Singkarak
Siapa sih yang gak kenal dengan Danau yang satu ini. Danau Singkarak termasuk danau terluas di Sumatera Barat dan konon kabarnya danau ini juga menjadi danau terluas kedua di pulau sumatera setelah danau toba.
Letaknya sangat strategis yaitu di antara kota Solok dan Padang Panjang, sekitar 2 jam dari Kota Padang jika ditempuh melalui jalan darat,danau ini dikelilingi gugusan bukit barisan, jika ingin menikmati keindahan panorama Danau ini, ada beberapa titik yang perlu anda singgahi yakni di Daerah Kenagarian Kacang, Paninggahan, Malalo dan Pitalah.


2. Danau Maninjau
Danau Maninjau yang merupakan danau vulkanik ini berada di ketinggian 461,50 meter di atas permukaan laut. Luas Maninjau sekitar 99,5 km˛ dan memiliki kedalaman maksimum 495 meter. Cekungannya terbentuk karena letusan Gunung yang bernama Sitinjau (menurut legenda setempat), hal ini dapat terlihat dari bentuk bukit sekeliling danau yang menyerupai seperti dinding. Menurut legenda di Ranah Minang, keberadaan Danau Maninjau berkaitan erat dengan kisah Bujang Sembilan.
Danau Maninjau merupakan sumber air untuk sungai bernama Batang Antokan. Di salah satu bagian danau yang merupakan hulu dari Batang Antokan terdapat PLTA Maninjau. Puncak tertinggi diperbukitan sekitar Danau Maninjau dikenal dengan nama Puncak Lawang. Untuk bisa mencapai Danau Maninjau jika dari arah Bukittinggi maka akan melewati jalan berkelok-kelok yang dikenal dengan Kelok 44 sepanjang kurang lebih 10 KM mulai dari Ambun Pagi sampai ke Maninjau. Danau yang satu ini terletak terletak sekitar 140 kilometer sebelah utara Kota Padang, ibukota Sumatera Barat, 36 kilometer dari Bukittinggi, 27 kilometer dari Lubuk Basung, ibukota Kabupaten Agam. 


3. Danau Atas Danau bawah
Danau kembar ini terletak di kawasan Solok yang masih merupakan daerah pegunungan sebab masih dalam kawasan area sekitar Gunung Talang. Untuk menuju kawasan danau ini Anda harus memacu kendaraan sejauh kira-kira 65 km dengan perjalanan selama 1,5 jam dari ibukota Padang. Sekitar jarak 20 km dari kota Padang, Anda akan memasuki kawasan hutan lindung Bung Hatta yang sejuk dan juga mengawali tantangan medan perjalanan. Medan tidak terlalu sulit dilewati hanya saja pemandangan sekitar yang menghadirkan sensasi sedikit menegangkan sebab berjalan di tepiah hutan lebat, kemudian ada juga jurang dan juga beberapa tikungan serta tanjakan sedikit tajam.
Selanjutnya Anda harus melanjutkan perjalanan menuju Danau di Atas yang tidak jauh dari sana untuk menikmati wisata danau yang lebih bisa dijangkau kita. Danau di Atas memang terlihat seperti di bawah karena jalurnya lebih menurun, tapi memang ternyata karena pengunjung dapat menjangkau pinggiran danau maka danau ini disebut danau di bawah. Selain itu ternyata permukaan atas danau yang terlihat sejajar dengan permukaan air Danau di bawah.
Kedalaman danau di atas yang hanya 44 meter lah yang membuat fakta menarik ini terjadi. Untuk ukuran danau, 44 meter kedalaman termasuk dalam danau yang dangkal. Hal yang bisa Anda lakukan ketika melancong di Danau di Atas adalah mengelilingi danau dengan perahu yang memang merupakan favorit wisatawan. Dengan hanya selembar uang 5 ribu rupiah saja Anda bisa menaiki perahu yang dikelola warga sekitar danau.
Bagaimana,  berminat mengunjungi ketiga danau di Sumatera Barat ini, rencanakan mulai sekarang liburan anda. 



Dari berbagai sumber











0 komentar:

Posting Komentar