Potensi Tersembunyi Wisata Bahari di Batam yang Kurang Perhatian

Batam kaya akan wisata baharinya dan sesungguhnya terdapat banyak pantai menjadi obyek wisata yang menonjolkan suasana dan panorama alam yang mempesona. Namun secara kasat mata, beberapa obyek wisata pantai di Batam tidak dikelola secara maksimal dan profesional. Sehingga pengunjung hanya dapat menikmati suasana pantai seadanya saja tanpa ada kesan-kesan yang istimewa. Tidak seperti obyek-obyek wisata pantai di daerah lainnya di Indonesia yang bisa dibanggakan. Obyek-obyek wisata pantai di Batam sangat jauh tertinggal dari segi kelayakan, fasilitas dan pengelolaannya. Maka tak heran, sangat banyak turis domestik dan mancanegara yang berkunjung ke Batam, mayoritas hanya ingin menikmati belanjanya dengan harga barang yang murah jika dibandingkandengan kota lainnya di Indonesia. Karena, obyek-obyek wisata pantai 
di Batam hanya biasa-biasa saja.

Meskipun begitu, salah satu pantai yang dapat Anda kunjungi untuk menikmati akhir pekan bersama teman-teman maupun keluarga adalah Pantai Tanjung Pinggir namanya. Terletak di kawasan barat pulau Batam yang merupakan kecamatan Sekupang. Letak pantai ini sangat dekat pelabuhan Ferry International Sekupang. Untuk mencapai ke pantai tanjung pinggir ini, jika dari Nagoya dan Batam Centre menggunakan bus pariwisata maupun mobil pribadi hanya menghabiskan waktu 20 menit saja dengan kondisi arus lalu-lintas normal. Untuk bisa masuk ke kawasan pantai tanjung pinggir tidaklah mahal. Cukup Rp.10.000 (mobil pribadi), Rp.15.000 (bus pariwisata), Rp.5000 (sepeda Motor). Standar dan terjangkau bukan?

Meskipun di sisi jalan terdapat papan tulisan PT.Tanjung Pinggir Resort, namun sepertinya kawasan pantai tanjung pinggir hanya dikelola seadanya saja. Fasilitas yang tersedia terbilang cukup seperti lahan parkir yang luas, musholla, tenda sewa, kamar bilas bagi pengunjung yang selesai berenang, banana boat, kapal fiber sewa. Namun pengelolaannya belum maksimal karena dikelola oleh pihak swasta skala kecil yang terbentur dengan keterbatasan dana. Lalu, kenapa Pemko Batam dalam hal ini yang berkompeten adalah Dinas Pariwisata kota Batam seperti enggan untuk mengelola kawasan ini? Hanya Tuhanlah yang tahu "ada apa"? Hehehe....

Seperti yang sudah sering saya lihat di tempat-tempat wisata di kota-kota lainnya di Indonesia, pihak pemerintah setempatlah yang mengelola potensi obyek wisata yang dimiliki. Sehingga dapat menambah pundi-pundi Pendapatan Asli Daerah (PAD). 
Saya melihat potensi besar dimiliki di pantai tanjung pinggir yang selalu ramai dikunjungi oleh pengunjung ketika akhir pekan tiba. Sebab bisa dibilang pantai paling dekat aksesnya dengan wilayah kota Batam, ya pantai Tanjung Pinggir. Selain itu potensinya adalah dapat mempromosikan obyek wisata bahari kepada turis Singapura, Taiwan, China, Thailand dan turis mancanegara lainnya yang cukup banyak menginap di resort terdekat dengan pantai tanjung pinggir, yaitu KTM Resort. Namun, lagi-lagi Dinas Pariwisata Kota Batam seperti pura-pura tidak tahu dan terkesan menutup mata dengan potensi yang dimiliki pantai Tanjung Pinggir. Terbukti, kawasan yang sebenarnya sangat potensial untuk menambah PAD ini, dikelola seadanya saja oleh pihak swasta. 

View Singapore dilihat dari bibir pantai Tanjung Pinggir
Secara Geografis, pantai tanjung pinggir berhadapan langsung dengan Singapura. Saat cuaca sangat bagus, maka akan terlihat jelas gedung-gedung pencakar langit Singapura dan Giant Wheel. Salah satunya Gedung yang termasuk sebagai landmark Singapura yaitu Marina Bay Sands. Dari pantai tanjung pinggir, gedung kembar tiga Marina Bay Sands akan terlihat seperti sebuah kapal luar angkasa yang tersangkut di puncak gedungnya. Selain itu juga terlihat banyak kapal tangker yang sedang lego jangkar. Di sisi kiri pantai terlihat gundukan batu karang yang tetap kokoh meskipun diterjang deburan ombak pantai. Sungguh suatu panorama yang indah seperti yang bisa kita lihat pada pantai-pantai pada umumnya. 

Pasir putih sepanjang pinggir pantai terlihat cukup bersih dan lembut ketika didorong oleh desiran ombak yang menjadi irama pelengkap. Sehingga menggoda hati untuk berenang di bibir pantai dan memikat anak-anak untuk bermain pasir dan mengadakan kegiatan outbond lainnya. Pantai ini memiliki sesuatu yang sangat menarik dan tidak dijumpai di pantai-pantai lainnya di Batam. Yaitu dua telaga danau air tawar yang terdapat di sisi bagian pantai tanjung pinggir. Telaga yang pertama jaraknya hanya sekitar 10 meter saja dari pesisir pantai dan bisa digunakan oleh pengunjung yang hobby memancing ikan. Karena di telaga ini terdapat banyak ikan mujair yang bisa dipancing. Sedangkan telaga air tawar yang kedua berjarak sekitar 50 meter dari pesisir pantai dan bisa digunakan pengunjung dewasa yang suka berenang. Bagaimana..? sudahkah anda rencanakan liburan akhir pekan bersama teman-teman maupun keluarga? Semoga saja berkesan ya!




0 komentar:

Posting Komentar